janji Pemerintahan Jokowi Setelah Menaikkan Harga BBM

views 1210 Kali dilihat
janji Pemerintahan Jokowi Setelah Menaikkan Harga BBMby Eka Saputraon.janji Pemerintahan Jokowi Setelah Menaikkan Harga BBMEKAWEB.ID — Dari kenaikan harga subsidi BBM sebesar Rp 2.000 per liter, pemerintah mampu menghemat anggaran sekitar Rp 100 triliun. Dana itu sebagian akan digunakan sebagai bantalan perlindungan sosial masyarakat miskin, sebagian lagi dialihkan ke sektor produktif. Apa saja? Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, negara dapat menghemat sekitar Rp110-140 triliun setelah harga BBM bersubsidi dinaikkan […]

EKAWEB.ID — Dari kenaikan harga subsidi BBM sebesar Rp 2.000 per liter, pemerintah mampu menghemat anggaran sekitar Rp 100 triliun. Dana itu sebagian akan digunakan sebagai bantalan perlindungan sosial masyarakat miskin, sebagian lagi dialihkan ke sektor produktif. Apa saja?

janji Pemerintahan Jokowi Setelah Menaikkan Harga BBM

Jokowi

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, negara dapat menghemat sekitar Rp110-140 triliun setelah harga BBM bersubsidi dinaikkan Rp 2.000 per liter. Dana ini nantikan akan diarahkan kepada sektor-sektor yang lebih produktif, terutama infrastruktur.

“In general, infrastruktur akan dapat perhatian besar. Tahun depan, target Rp16 triliun untuk irigasi. Saat ini, 40 persen infrastruktur irigasi rusak. Ini tujuannya untuk membantu petani dan untuk food security,” jelas Bambang dalam keterangan persnya, Selasa (18/11/2014).

Sementara Sementara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago mengatakan, perbaikan irigasi itu diharapkan bisa membawa Indonesia kembali swasembada beras.

“Untuk meningkatkan produksi pangan kita, itu (anggaran subsidi) akan digunakan untuk memperbaiki irigasi yang rusak, untuk membangun irigasi yang baru. Insya Allah dalam dua tahun kita akan bisa swasembada beras,” ujar Andrinof yang ditemui terpisah.

Dana hasil penghematan subsidi BBM juga akan digunakan untuk perbaikan sistem, misalnya perbaikan pada mekanisme subsidi pupuk dan benih, perikanan untuk bantuan kapal ikan sertacold storage.

Untuk energy security, pemerintah akan melakukan ekstensifikasi jaringan gas, baik untuk disalurkan ke rumah atau transportasi. Sementara untuk bidang komunikasi dan informasi, pemerintah berencana melebarkan bandwidth untuk peningkatan pada sistem informasi.

“Intinya perbaikan infrastruktur dasar dan perlindungan sosial. Dua hal ini yang akan selalu menjadi perhatian bagi masyarakat yang tidak mampu,” jelas Menkeu.

Sebelumnya Andrinof mengatakan, dana hasil penghematan subsidi itu akan digunakan mendukung program prioritas pemerintah, termasuk untuk mendukung program peningkatan produksi pangan dan energi.

Di bidang energi, anggaran subsidi tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produksi energi melalui pembangunan pembangkit listrik.

“Untuk peningkatan produksi energi, kita harus mempercepat realisasi dari pembangunan pembangkit, apakah itu pembangkit listrik di mulut tambang, kemudian pembangkit-pembangkit lain,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, anggaran subsidi tersebut juga akan direalokasikan untuk sektor-sektor lain yang lebih produktif, termasuk pembangunan infrastruktur dan kemaritiman.

“Begitu juga untuk sektor kemaritiman dan kelautan, perbaikan jalan, pembangunan jalan baru, yang memang memprioritaskan untuk kepentingan masyarakat, untuk membuat masyarakat lebih produktif,” pungkasnya.

Rencana pemerintah setelah penghematan subsidi BBM sudah tergambar di angan. Masyarakat kini menantikan realisasinya, agar subsidi yang dulunya banyak dinikmati masyarakat mampu, nantinya benar-benar bisa menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia.

Related Posts