Pendataan Ulang PNS dan Cara Mudah Registrasi e-PUPNS

views 8047 Kali dilihat
Pendataan Ulang PNS dan Cara Mudah Registrasi e-PUPNSby Eka Saputraon.Pendataan Ulang PNS dan Cara Mudah Registrasi e-PUPNSEka.Web.id – Tentu saja saat ini masih banyak di antara bapak dan ibu yang masih ragu dan masih belum bisa melakukan pendaftaran dan Cara Registrasi e-PUPNS, Dimana PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) akan dilakukan secara elektronik mulai Selasa, 1 September 2015 mendatang. Cara registrasi E-PUPNS untuk melakukan upgrade data PNS tergolong mudah, hanya dengan […]
Bandar Capsa Berakhir 20 Agustus 2017

Eka.Web.id – Tentu saja saat ini masih banyak di antara bapak dan ibu yang masih ragu dan masih belum bisa melakukan pendaftaran dan Cara Registrasi e-PUPNS, Dimana PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) akan dilakukan secara elektronik mulai Selasa, 1 September 2015 mendatang. Cara registrasi E-PUPNS untuk melakukan upgrade data PNS tergolong mudah, hanya dengan mengakses halaman http://pupns.bkn.go.id.

Disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol BKN, Tumpak Hutabarat, memasukkan data di E-PUPNS tidaklah rumit seperti yang dibayangkan. Yang dibutuhkan hanyalah, para PNS mematuhi prosedur yang berlaku. E-PUPNS ini berlaku untuk seluruh abdi negara di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya berikut ikuti panduan cara registrasi e-PUNS berikut ini yang dikutip dari halaman KKGSumut:

1. Silahkan kunjungi situs resmi e-pupns di https://pupns.bkn.go.id lalu link tombol Daftar.

e-PUPNS 1

2. Masukkan NIP BARU Anda lalu klik tombol Cari. Jika NIP Baru tersebut sesuai, maka Anda akan melihat Nama dan Instansi Anda dibawahnya. Namun jika tidak, Anda akan dibawah kehalaman lain untuk dilakukan pencarian dari NIP Lama Anda.

e-PUPNS 2

3. Yang Perlu Anda ingat adalah Pastikan semua data tersebut benar, lalu isi email aktif Anda pada kolom yang tersedia dan tekan tombol Lanjut untuk memulai pendaftaran.

4. Lalu Dihalaman selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan Password, Nama Ibu Kandung, Pertanyaan Pengaman serta Jawaban. Pastikan bahwa data tersebut sudah benar karena akan berguna saat Anda lupa akses login atau kehilangan Kode Registrasi. Berikutnya isi Capcha yang terlihat pada layar dan akhiri dengan menekan tombol Registrasi. Lihat Juga : Syarat Kriteria Mengikuti Program Sertifikasi Guru PPG Tahun 2015

e-PUPNS 3

5. Jika pendaftaran berhasil, maka akan muncul halaman baru yang berisikan pesan “Registrasi Sukses” kemudian Anda hanya perlu mencetak bukti pendaftaran e-PUPNS 2015.

nah Disini Ada 2 bagian (lembar) bukti pendaftaran e-PUPNS 2015 yang akan Anda temukan. Lembar pertama untuk diserahkan kepada verifikator (BKD), sedangkan lembar kedua untuk PNS yang bersangkutan. Nantinya lembar-lembar ini akan diantar ke BKD untuk mendapatkan status verifikasi. Jika tidak ada masalah, maka Anda akan mendapatkan Kode Registrasi yang dapat digunakan login ke akun e-PUPNS Anda.

Diterangkan oleh Tumpak Hutabarat dikutip JPNN, “Setelah mengisi data, PNS memeriksa keakuratan dan kelengkapan data pada formulir e-PUPNS. Apabila data tersebut sudah akurat atau lengkap, PNS dapat langsung mengirim data untuk kemudian dilakukan verivikasi.”

Lihat Juga :

Formulir e-PUPN berisi detail data utama PNS, posisi dan riwayat. Di samping itu terdapat data untuk PNS guru (yang hanya diisi oleh PNS profesi guru), PNS dokter (hanya diisi oleh PNS profesi dokter), stakeholders yang di antaranya memuat Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan), BPJS Kesehatan, dan Kartu Pegawai elektronik (KPE).

Nah Seperti itu Pak, Semoga Bermanfaat buat anda semua

Topik Populer:

  • Registrasi E PUPNS (80)

Related Posts