Punya Laptop Acer? Ini cara masuk Biosnya

views 16632 Kali dilihat
Punya Laptop Acer? Ini cara masuk Biosnyaby Eka Saputraon.Punya Laptop Acer? Ini cara masuk Biosnyahalo haa,,Bagi Anda yang mau mengganti atau menginstal sistem operasi baru entah itu Windows atau Linux ataupun sistem operasi lainnya  Maka harus menyetel Boot Priority Order pada BIOS terlebih dahulu. Lalu Apa itu BIOS? Suatu program yang mengeksekusi MBR ( Master Boot Record ) yang berada pada sector pertama pada harddisk, bertujuan memanggil Sistem Operasi […]

halo haa,,Bagi Anda yang mau mengganti atau menginstal sistem operasi baru entah itu Windows atau Linux ataupun sistem operasi lainnya  Maka harus menyetel Boot Priority Order pada BIOS terlebih dahulu.

Lalu Apa itu BIOS?
Suatu program yang mengeksekusi MBR ( Master Boot Record ) yang berada pada sector pertama pada harddisk, bertujuan memanggil Sistem Operasi dan menjalankannya.

Untuk laptop atau komputer yang secara bawaan pabrik terinstal Windows 8/8.1( Pre-Install ) perlu mematikan fitur secure boot pada UEFI. Walaupun dari toko sudah terinstal Windows 8 belum tentu juga menggunakan UEFI.

Prinsip dan tampilan UEFI hampir mirip dengan BIOS.

Cara setting BIOS Acer untuk instal sistem operasi

1. Nyalakan laptop, tekan tombol F2 saat muncul “Press F2 to enter setup” di pojok kiri bawah. Setiap komputer merk apapun pasti ada petunjuk tombol masuk bios pada saat komputer pertama kali menyala (Del/Esc/F12). Dalam hal ini Acer menggunakan tombol F2.

2. Nah sekarang Anda berada di antarmuka BIOS.

3.Tekan tombol navigasi kanan mengarah ke menu Boot.
4 Lihat fungsi-fungsi tombol di sebelah kanan layar. Jika laptop anda bukan Acer atau beda versi BIOSnya, akan ada petunjuk disisi kanan layar walapun dalam bahasa inggris.

5. Sebelum mengubah apapun. Pastikan anda mencatat atau memoto urutan boot tersebut, akan sangat berguna jika Anda selesai instalasi atau jika Anda lupa.

6. Pada menu Boot akan muncul jenis-jenis perangkat yang bisa di boot. Jika ada namanya berarti perangkat tersebut sudah terdeteksi oleh Bios. Perangkat mana yang mau Anda boot? Dari CDROM atau flashdisk?

ATAPI CDROM : – cdrom internal
USB CDROM : – untuk cdrom eksternal
USB HDD : – untuk bootable flashdisk

Mohon diingat! Ketika Anda memasang perangkat boot eksternal, colokkan kabel USB pada port USB1 ataupun port USB2 , jangan colokkan pada port USB3 (berwarna biru ).

7. Edit Boot Priority Order. Pada langkah ini kita memindahkan perangkat ke urutan yang paling atas. Pindahkan perangkat yang mau di boot ke urutan paling atas /NO. 1 dengan menekan F6 dan F5 ( F6 untuk menaikkan dan F5 untuk menurunkan ).

8. Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.

9. Biarkan laptop nyala seperti biasa dan akan boot ke perangkat yang dimaksud.

10. Bila anda sudah berhasil menginstal sistem operasi kembalikan urutan boot seperti semula ( langkah 5 ), bila Anda lupa posisi awal, letakkan HDD0 diurutan paling atas.

Sponsored Ad

Topik Populer:

Related Posts